keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Bullying Membuktikan Kegagalan dari Pengelola Pendidikan?
News

Bullying Membuktikan Kegagalan dari Pengelola Pendidikan?

Elitelaangels.com – Kasus bullying di Indonesia memang akhir-akhir ini kerap kali terjadi, terutama adalah di lingkungan sekolah. Terkait dengan hal memilukan tersebut, pihak MUI Bangka Belitung menganggap bahwa maraknya kasus tersebut merupakan bukti dari gagalnya para pendidik di sekolah dalam segi pengawasan serta pengajaran tentang penerapan ilmu keagamaan di kalangan sekolah.

“Karena dalam perspektif agama lembaga pendidikan merupakan tempat pembinaan akhlak dan karakter peserta anak didik kita untuk berperilaku baik atau berakhlak mulia,” ujar Ketua MUI Bangka Belitung Dr. Zayadi di Pangkalpinang, Bangka Belitung, baru-baru ini.

Dalam dunia islam, jelas di tuliskan bahwa semua bentuk kekerasan itu dilarang. Baik itu kekerasan terhadap fisik maupun kekeraan terhadap mental seperti menghina dan merendahkan orang lain. Pria tersebut juga memberikan penjelasan sesuai dengan Hadits.

“Orang yang orang-orang Islam lainnya selamat dari lidah dan tangannya. Hadits ini menunjukkan bahwa keislaman seseorang itu ditandai dengan selamatnya orang Islamnya dari lidah dan tangannya.

“Perilaku bullying adalah kekerasan yang tidak menyelamatkan orang lain dari lidah dan tangannya,” tuturnya.

Dengan adanya Bullying di sekolah, berarti membuktkan bahwa sekolah tidak lagi menjadi tempat yang nyaman bagi para siswa.

“Mestinya dalam sistem lembaga pendidikan harus kondusif, melakukan penguatan nilai-nilai agama dalam pergaulan peserta didik dan melakukan pengawasan maksimal serta kerjasama dan menjalin hubungan baik dengan keluarga dan masyarakat,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *