keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Dua Fungsi Jalur Tol Akan Tersedia di Mudik 2018
News

Dua Fungsi Jalur Tol Akan Tersedia di Mudik 2018

Elitelaangels.com – Ketika mudik lebaran 2018 berlangsung jalur tol Trans Jawa bakal bisa dilalui secara fungsional dan operasional. Adanya dua fungi ini bagi beberpa pengendara mungkijn akan menjadi sesuatu yanh baru.

Karena hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan perbedaan antara tol operasional dan tol fungsional tersebut.

“Kalau tol operasional itu berarti sudah dioperasikan secara penuh, sudah laik fungsi sehingga ada tarifnya. Tapi kalau fungsional, dia (tol) sudah bisa dilewati lebih baik berbadan tol, tapi belum laik fungsi secara utuh, tapi secara teknis bisa dilewati,” ucapnya Basuki.

Setidaknya akan ada 9 ruas tol baru yang bisa digunakan saat mudik Lebaran nanti. Ruas tol baru tersebut diawali oleh tol Pejagan-Pemalang di Jawa Barat sepanjang 57,5 km hingga ruas Gempol-Pasuruan di Jawa Timur sepanjang 34,15 km.

Sedangkan tol yang akan diguanakan untuk fungsionalkan adalah 2 proyek jalan tol yaitu Pemalang-Semarang dan Salatiga-Solo.

“Saya bilang belum laik fungsi secara operasional, tapi sudah laik untuk digunakan secara lebih baik, dan tidak darurat. Itu antara Pemalang-Semarang dan Salatiga-Solo,” katanya.

Jalan tol tersebut saat mudik nantinya diharapkan sudah bisa dilalui secara fungsional dari Pemalang-Semarang dan Salatiga-Solo. Namun demikian, pihaknya berharap tidak semua pemudik melalui jalan tol. Untuk itu, bisa memanfaatkan jalan pantura yang telah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *