keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Kemendagri: Pemilu 2019 Seluruh Penduduk Indonesia Harus Miliki E-KTP
News

Kemendagri: Pemilu 2019 Seluruh Penduduk Indonesia Harus Miliki E-KTP

Elitelaangels.com – Menjelang Pemilu 2019, Kementerian Dalam negeri (Kemendagri) mengusulkan kepada para masyarakat Indonesia yang masih belum memiliki kartu yanda penduduk elektronik atau e-KTP untuk segera membuatnya.

Hal ini disarankan Kemendagri karena dalam Pemilu 2019 keikutsertaan semua penduduk Indonesia dalam pemilihan sangatlah diperlukan. Bahkan dari informasi Kemendagri setidaknya ada 6,7 juta penduduk Indonesia tidak bisa memberikan hak pilihnya di Pemilu 2019 karena tak punya e-KTP.

“Diperlukan partisipasi dari seluruh penduduk dengan cara proaktif mendatangi tempat-tempat pelayanan, baik yang ada di desa/kelurahan, kecamatan maupun Dinas Dukcapil kabupaten/kota,” tutur Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrullah.

Terkait dengan cara mengedukasi para penduduk yang belum mempunyai e-Ktp, Kemendagri sudah melakukan cara pendekatan kepada warga supaya dalam pembuatan e-KTP lebih mudah. Kemendagri juga telah melakukan pelayanan keliling ke fasilitas sosial warga.

“Mencermati DPS dari KPU ternyata sudah 96% pemilih sudah memiliki KTP elektronik atau suket. Sisa yang sekitar 4% inilah yang akan kita kejar. Masyarajat juga saya minta proaktif merekam,” jelasnya Zudan.

Bahkan, Zudan juga mengatakan akan berusaha membuat pelayanan yang lebih baik lagi dengan menjanjikan akan mempersingkat proses pembuatan e-Ktp yang biasanya memakan waktu berbulan-bulan menjadi satu hari saja.

“Saya ingin satu hari penunggalan data sudah bisa selesai, mohon doanya kami sedang merapikan untuk password, username, server, dan data center supaya kami bisa memberi layanan yang lebih cepat,” harapannya Zudan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *