keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Ketua Komisi VIII DPR: Perlu Persiapkan Teknis Supaya Puncak Haji Sesuai Rencana
News

Ketua Komisi VIII DPR: Perlu Persiapkan Teknis Supaya Puncak Haji Sesuai Rencana

 

 

Elitelaangels.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beserta jajarannya mengadakan rapat koordinasi dengan Tim Pengawas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) DPR Tahap Dua, gabungan dari Komisi VIII, Komisi V, serta Komisi IX.

Pada rapat, tim pengawas tim pengawas mengapresiasi kinerja pelayanan haji oleh Kementerian Agama. Tetapi, Ali Taher Parasong sebagai ketua Komisi VIII DPR mewakili tim pengawas haji memberikan beberapa saran terhadap Kementerian Agama.

“Beberapa usulan terkait perbaikan-perbaikan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini misalnya, meledaknya jumlah jemaah haji yang semula di bawah 200 ribu, sekarang 221 ribu,” ungkap Ali di Arab Saudi.

Ali mengatakan hambatan teknis penyelenggaraan haji pasti tetap akan terjadi, misalnya dari seluruh jamaah haji Indonesia ada 17.000 jamaah haji khusus yang memiliki pelayanan berbeda secara teknis dengan jamaah haji reguler.

“Ini menimbulkan persoalan-persoalan teknis yang memerlukan penyelesaian yang komprehensif, misalnya menyangkut pemondokan, konsumsi, transportasi,” ungkapnya.

Ali menginginkan persiapan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) dapat berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan.

“Mobilisasi di Armina perlu diselesaikan secara baik, benar, dan teratur, dengan melibatkan seluruh tenaga-tenaga petugas kita yang ada di sini, dan koordinasi dengan pemerintah kota Mekah,” kata Ali.

Dari permasalahan tersebut, Ali merasa khawatir jarak tempuh yang jauh dari penginapan yang dihuni jamaah karena sebagian besar jamaah haji 2017 masuk dalam risiko tinggi jamaah lanjut usia.

“Ini perlu persiapan teknis, diperlukan prasarana tenaga petugas dan sebagainya. Misalkan kursi roda dan pos-pos pemandu tempat, sehingga jemaah tidak mengalami kesulitan di atas 70-80 tahun,” jelasnya.

“Ini kan perlu pengawalan, perlu bimbingan, dan pelayanan yang maksimum. Saya melihat tadi harapan-harapan yang telah diberikan petugas (haji) di lapangan Armina nanti, idealnya sudah seperti itu,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *