keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
KPK Benarkan OOT Berikan Dampak Buruk Bagi Partai Politik
News

KPK Benarkan OOT Berikan Dampak Buruk Bagi Partai Politik

 

 

 

Elitelaangels.com – Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan mengungkapkan ramainya operasi tangkap tangan (OOT) kepala daerah yang dilakukan oleh pihak KPK akan berdampak negatif pada beberapa partai.

Menurutnya, setiap pejabat daerah maupun anggota legislatif yang tertangkap saat OOT nantinya akan dihubungkan dengan partai politik tempatnya berasal.

“Kalau saya dengar dari partai selama KPK dua minggu terakhir berkunjung itu, buat partai itu kerusakannya juga lumayan. Begitu kena OTT, disebutlah itu partai politiknya,” ungkap Pahala di Slipi, Jakarta Barat.

Dia mengatakan partai politik merupakan sumber utama para calon kepala daerah. Oleh karena itu, proses pengambilan dan pengkaderan partai dianggap sangatlah penting.

“Partai punya kontribusi besar untuk mendorong. Kami menawarkan kerja sama ini dalam bentuk yang konkret,” ujar Pahala.

Kemudian dia menjelaskan bahwa KPK dan lembaga Ilmu Pengetahuan memberi tawaran kerja sama dengan partai politik supaya menjadi partai konsolidasi. Tidak hanya pengelolaan pendanaan dan finansial terdapat tiga hal yang fundamental yang perlu diambil dalam tata kelola partai politik.

“Pertama, penyempurnaan sistem etik dan konsistensi penegakannya. Kedua, pembangunan sistem kaderisasi yang terstruktur, baku, dan berjenjang. Serta ketiga, pembangunan sistem rekrutmen pejabat publik yang inklusif dan berjenjang serta terkait erat dengan promosi kader,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Pahala menjelaskan pendanaan dan pengelolaan keuangan partai politik adalah keadaan untuk terealisasinya tata kelola partai politik yang berkonsolidasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *