keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Langkah Polisi Untuk Mengatasi Puncak Arus Mudik Natal
News

Langkah Polisi Untuk Mengatasi Puncak Arus Mudik Natal

Elitelaangels.com – Libur natal telah berakhir, dan polisi memperkirakan malam ini akan terjadi serangan arus balik mudik Natal. Untuk mengatasi peningkatan volume kendaraan saat arus balik, pihak kepolisian punya langkah jitu untuk mengantisipasinya, yaitu dengan cara lawan arus (contraflow).

“Perkiraannya hari ini, malam ini sampai besok. Kita nanti bisa contraflow,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Selasa (26/12/2017).

Argo Yuwono menyebutkan pihaknya menggunakan langkah lawan arus setelah melihat kondisi di jalanan. Jika jalan yang menuju ke luar Jakarta sepi, maka akan diambil satu jalan untuk mempergunakan langkah lawan arus.

“Kita nanti bisa contraflow. Jadi jalan tol itu bisa kita mintakan 1 lajur untuk mengantisipasi kemacetan khususnya yang arah ke Jakarta kita ambil 1 jalur kan yang kemungkinan padat yang masuk Jakarta. Nah nanti kalau yang keluar Jakarta kira-kira longgar kita bikin contraflow dengan mengurai kemacetan,” ucap Argo.

Untuk melancarkan strategi lawan arus, pihaknya perlu berkerjasama dengan Jasa Marga. Untuk pengamatan situasi di jalanan pihak kepolisian bersama dengan Jasa Marga memakai CCTV.

Argo juga meminta kepada para pemudik, tetap perhatikan kondisi kendaraanya dan sempatkan untuk menepi setiap 6 jam untuk beristirahat sekaligus mencegah terjadinya ngantuk saat berkendara.

“Tentunya yang balik ke Jakarta ada bekal makan di mobil secukupnya, mobil juga di cek apakah ada kendala atau tidak diservis dulu dan taati rambu-rambu lalu lintas serta surat-surat kendaraan jangan lupa. Kalau misalnya sudah 6 jam perjalanan jangan dipaksakan dan berhenti untuk beristirahat di rest area,” saran Argo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *