keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Mencemari Lingkungan, Pabrik Tekstil di Tutup Paksa
News

Mencemari Lingkungan, Pabrik Tekstil di Tutup Paksa

Elitelaangels.com – Sebuah perusahaan tekstil yang terletak di Kelurahan Sindang Jaya, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat ditutup paksa oleh tim gabungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama TNI dan Polri setelah diketahui mencemari sungai Citarum.

Berbekal laporan dari masyarakat sekitar soal pembuangan limbah dari DLHK Kota Bandung dan Provinsi Jabar, tim gabungan langsung melakukan penyelidikan kepada pabrik tersebut, dan ditemukanlah sarana pengolahan limbah belum optimal.

Dari temuan ini, tim gabungan langsung mengambil sempel air yang menjadi pembuangan dari limbah pabrik tersebut, dan setelah menjalani proses uji laboratorium ditemukanlah air buangan limbah tidak sesuai dengan baku mutu yang ditetapkan, sehingga dikhawatirkan dapat mencemari air sungai.

“Kegiatan ini akumulasi. Sejak 2016, teguran tertulis provinsi tapi tidak digubris. DLHK kota juga sudah koordinasi, tapi kinerja perusahaan soal pembuangan limbah masih tidak bagus,” jelasnya Turyawan Ardi.

“Lalu, Oktober 2017 lalu kita verifikasi sampling analisa dan memang air limbahnya ada empat parameter yang tidak memenuhi baku mutu, BOD, BOD5, PH dan TSS,” lanjutnya Turyawan Ardi.

Terkait dengan penyegelan paksa ini, sang pemilik pabrik, Andreas tidak melakukan sebuah pembelaan dan mengakui kesalahanya. Namun, dirinya mengakui jika pembungan limbah ke sungai itu belum lama dilakukan.

“Bukannya tidak ada perbaikan, kita sudah berusaha pembangunan IPAL-nya mengikuti aturan. Namun saat ini, terkendala perizinan tanah,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *