keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Menjelang Fenomena Gerhana Bulan Total Malam Nanti
News

Menjelang Fenomena Gerhana Bulan Total Malam Nanti

Elitelaangels.com – Fenomena alam Gerhana bulan total atau Super Blue Blood Moon diprediksi akan terjadi kembali pada malam ini, Rabu (31/1/2018). Berita ini pun telah dibenarkan oleh Thomas Djamaluddin selaku Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Thomas Djamaluddin juga mengatakan jika waktu terjadinya Super Blue Blood Moon sekitar pukul 18.48 WIB. Thomas juga menjelaskan jika pada saat Super Blue Blood Moon terjadi bagian bawah purnama mulai tergelapi bayangan Bumi.

“Kemudian pukul 19.52 WIB sampai 21.08 WIB bulan menjadi gelap kemerahan saat seluruh purnama masuk ke bayangan inti Bulan. Warna merah disebabkan oleh pembiasan cahaya Matahari oleh atmosfer Bumi,” jelasnya Thomas.

Thomas Djamaluddin juga memberi tahu jika saat cahaya purnama mulai tampak dari bagian kanan bawah itulah waktu dari Super Blue Blood Moon berakhir yang dia dan tim perkirakan akan terjadi pada pukul 22.11 WIB.

Keindahan dari Gerhana Bulan Total atau Super Blue Blood Moon ini juga bisa di lihat dari berbagai wilayah di Indonesia.

Namun, untuk mendapat penampakan yang sempurna dari Gerhana Bulan Total atau Super Blue Blood Moon, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyarankan untuk melihatnya di daerah perbatasan.

Menurut Dwikorita Karnawati, Daerah yang idela adalah dimulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah di sebelah barat yaitu Sumatera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *