keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Polisi Tangkap 6 Pelaku Pembuat Oli Palsu
Uncategorized

Polisi Tangkap 6 Pelaku Pembuat Oli Palsu

Elitelaangels.com – Perumahan Bojong Menteng, RT 1/11, Rawalumbu, Kota Bekasi didatangi pihak kepolisian setelah mengetahui ada sebuah rumah yang dijadikan pabrik pembuatan oli palsu.

Benar saja rumah yang diketahui pemiliknya bernama Yopi ini tertangkap basah dengan lima pekerja dan dari tangan mereka disita barang bukti berupa peralatan untuk membuat oli palsu dan ribuan botol oli palsu siap edar.

Penggrebegan yang dilakukan oleh Kapolres Metro Bekasi Kota dan dipimpin oleh Kombespol Indarto ini dilakukan setelah adanya sebuah laporan dari masyarakat yang mengetahui pabrik pembuatan oli palsu ini. Menerima laporan ini pihak kepolisian langsung bertindak dengan cepat.

“Ini kita tutup karena tidak memiliki izin produksi dan izin edar,” ucap Indarto di lokasi.

Dari hasil penyelidiakn polisi ditemukanlah sedikitnya empat toren air berukuran besar yang dijadikan alat penampungan oli bekas, sejumlah drum dan alat pewarna.

Di tempat itu, oli tersebut dikemas rapi ke dalam kaleng dan jeriken dengan beberapa merk ternama. Di antaranya Evalube, Shell, oli Toyota TGMO dan oli rantai Yamalube.

“Pelumas palsu itu diracik dengan cara mengoplos oli curahan atau bekas dengan beberapa jenis bahan adiktif tertentu,” tutur dia.

Dari informasi yang digali kepelaku, terkuak jika pabrik pembuatan oli palsu ini sudah berjalan selama 8 bulan, dan daerah yang telah menerima oli palsu ini antara lain Pemalang dan Solo, Jawa Tengah.

“Untuk modal pembuatan oli mobil ukuran 4 liter, seharga Rp 90 ribu. Mereka lalu menjualnya seharga Rp 130-155 ribu. Keuntungan perbotol minimal Rp 40 ribu,” tegasnya.

Akibat perbuatanya, tersangka dijerat Pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 ayat 1 huruf d UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Pasal 106 Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Pasal 120 ayat 1 UU Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *