keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Bukan Dengan Pestisida, Petani di Ponorogo Gunakan Bunga Untuk Usir Hama
News

Bukan Dengan Pestisida, Petani di Ponorogo Gunakan Bunga Untuk Usir Hama

Elitelaangels.com – Biasanya para petani akan menggunakan pestisida untuk mengusir para hama yang mengganggu tanamannya, akan tetapi ada cara unik yang dilakukan oleh para petani di Dusun Jajal, Desa Lembah, Kecamatan Babadan, Ponorogo dalm mengusir hama yang menggangu tanaman padinya.

Para petani di sana menggunakan tanaman bunga untuk membantunya mengusir para hama di sawahnya dan terbukti dengan menanam bunga tingkat pupulasi hama menurun dan penggunaan pestisida menurun drastis.

Tanaman bunga yang banyak dipakai petani adalah tanaman refugia. Salah seorang petani bernama Hartono menjelaskan jika tanaman refugia ada berbagai macam jenisnya antara lain bunga matahari, bunga kenikir, bayam, kembang kertas, tapak dara, dan jengger ayam.

“Tanaman refugia ini sebagai penarik serangga musuh alami dan serangga hama tanaman untuk tinggal di bunga-bunga ini,” jelasnya Hartono.

Hartono menjelaskan dengan melakukan penanaman tanaman refugia di sawah membuat hama yang menyerang tanaman menjadi berkurang. “Setelah ditanami bunga-bunga ini mampu mengurangi hama tanaman padi, biasanya sering nyemprot pakai pestisida sekarang sudah jarang,” tutur Hartono.

Ide yang dilakukan oleh para petani di Dusun Jajal ini merupakan hasil edukasi dari sekolah lapang pengendalian hama terpadu yang digelar oleh Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

“Awalnya dari 40 petani anggota kelompok tani Mukti Tani hanya ada 15 petani yang mau menanam bibit bunga di pematang sawah,” kata Hartono.

“Biasanya kan bisa 4-5 kali nyemprot padi, sekarang cukup satu kali semprot. Akhirnya banyak yang ikut nanam bunga ini,” lanjutnya.

Hartono mengaku perawatan tanaman refugia ini tergolong mudah, bibit yang didapat langsung disemai kemudian ditanam di pinggir jalan atau di pematang sawah. Sembari sesekali diberi pupuk dan diairi.

“Pasti tumbuh. Bahkan sekarang hampir satu desa nanam bunga semua,” ucapnya.

Dengan cara alternatif ini, membuat hasil panen menjadi bersih dan aman tentunya dari bahan kimia seperti pestisida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *