keyboard_arrow_right
keyboard_arrow_right
Pemetintah Kabupaten Garut Kerahkan Tim Khusus Pengawas Kesehatan Hewan Kurban
News

Pemetintah Kabupaten Garut Kerahkan Tim Khusus Pengawas Kesehatan Hewan Kurban

Elitelaangels.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha banyak sekali pengusaha ternak seperti kambing dan sapi kebanjiran pesanan. Hal ini tidak luput dari tradisi bagi yang mampu untuk menyembelih hewan kurban ketika Idul Adha.

Mengetahuihal ini, Pemetintah Kabupaten Garut mulai mengambil langkah pencegahan adanya hewan yang tidak sehat diperjual belikan. Tim khusus telah diterjunkan ke berbagai lokasi guna memastikan kesehatan hewan kurban.

“Pengawasan kita lakukan, khususnya terkait kesehatan hewan yang akan dikurbankan,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Garut Indriana Sumarto kepada wartawan di kantornya, Jalan Pembangunan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Indriana mengatakan jika pihaknya telah menerjunkan ratusan pengawas untuk melakukan pengecekan hewan kurban berpenyakit atau tak layak kurban untuk 42 kecamatan.

“Kita sudah menyiapkan teknis pengawasan dengan menurunkan petugas pengawas dari dinas dan juga ada yang berasal dari kecamatan serta para kader. Kita akan cari dan lihat hewan-hewan kurban. Jangan sampai ada yang berpenyakit untuk dikurbankan,” imbuhnya.

Adapun pengecekan ini dikatakan Indriana akan meliputi kesehatan fisik hingga memastikan umur hewan yang akan disembelih. Ia juga meminta kepada para pembeli hewan kurban untuk lebih memperhatiakan kelayakan hewan untuk kurban.

“Umur hewan ternak juga harus diperhatikan karena harus sesuai dengan syariat Islam,” tegas Indriana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *